Happy Birthday Mr. Rudy, from Sparta :D

29 Mei

A : “Eh, tanggal 28 nanti Pak Rudy ultah kita kasih apa yo ?”

B : “Oh iyalah hari sabtu nanti”

C: “Kita kasih kue ja, kaya tahun lalu kami bikin kuenya sendiri jadi lebih murah daripada beli”

A : “Oh yasudah, nanti kita bikin ja lah kuenya ? “

All : “Oke, boleh-boleh”

Itulah sekilas percakapan singkat kami untuk memberi surpsrise kecil untuk guru fisika kami yang paling heboh, konyol, asik, dan menggemaskan haha

Kami awalnya sudah mulai membicarakan tentang rencana ini pada saat hari Senin, saat pelajaran fisika kebetulan saat itu kami giliran diluar karena ‘belum beruntung’ untuk mendapat test, sedangkan setengah anggota yang lain sedang berjuang di dalam kelas😀

Dan sampai pada hari Jumatnya, ketika senam sebagian dari anggota kelas kami berdiskusi saat senam untuk menyusun rencana apa-apa saja yang akan kami lakukan untuk membuat surprise kecil ini, kemudian setelah selesai senam saat semua anak Sparta sudah berkumpul semua di dalam kelas, Meri maju ke depan kelas dan mengumumkan tentang rencana kami ini, kami semua pun langsung mendiskusikan iuran yang harus dibayarkan berapa, dan apa-apa saja yang akan dipersiapkan nantinya. Dan diperoleh akhirnya kami sepakat untuk membuat kuenya sendiri dan hadiah yang dikasih adalah koleksi foto-foto Pak Rudy yang keren-keren dan juga konyol, haha😀

Team dibagi menjadi 2, yaitu team pembuat kue dan juga team pembuat kado. Team pembuat kue atau lebih tepatnya penghias kue (karena kuenya dibuat oleh mamahnya Nazwa😀 ) tentu saja anggotanya cewek semua, yaitu saya sendiri, Nazwa, Dara dan Chia. Sedangkan tem pembuat kado yaitu Meri, Dian, Mamake, dkk. Yang semuanya dibuat pada hari Sabtu dan dipusatkan di rumah Nazwa (terimakasih untuk Nazwa yang sudah merelakan rumahnya untuk kami acak-acak haha :p )

Team pertama bergerak setelah pulang sekolah pada hari Sabtu, sekitar jam 12-an. Begitu juga dengan team kedua, tapi anggota team kedua pulang kerumah dulu baru kemudian mempersiapkan alat-alat, serta foto-foto yang akan kami rangkai sedemikian rupa. Sedangkan yang lainnya juga akan berkumpul ditempat Nazwapada jam 15.30 seperti yang telah kami janjikan sebelumnya.

Setelah kami selesai menempel, menghias, dan mengumpulkan semua anggota, kemudian kami caw ke tempat memasang bingkai yang ada di sekitar Jl. Seth Adji, dan waaww ternyata selesai dibingkai cukup bagus juga buatan kami😀

Dari Seth Adji kami berbondong-bondong berangkat lagi menuju ke rumah Pak Rudy yang ada di Jl. G.Obos sampai seperti orang konvoi saja saking banyaaknya motor kami, haha.

Ketika sampai wah ternyata sedang ada anak CS lagi berfoto-foto dengan Pak Rudy, dan yaaa kami ketangkap basah deh datangnya, padahal rencananya kan pengen surpsrise gitchuuu haha

Setelah selesai anak-anak CS, lalu giliran kami yang masuk ke dalam “istana” Pak Rudy dengan membawa hadiah kejutan kami, dan uuppss kami lupa bawa korek untuk menyalakan lilinnya ! Hhh~ untung saja Bahtiar berinisiatif untuk meminjam korek dengan amang-amang tukang yang sedang bekerja di salah satu rumah tetangga Pak Rudy😀

Ketika kami datang, Pak Rudy dengan senyum khasnya menyambut kami dan kami pun langsung dengan semangat menyanyikan lagu Happy Birthday untuk Pak Rudy sambil menyalakan lilinnya, lalu dilanjutkan dengan lagu tiup lilin, dan huuuuffff~ lilinnya ditiup oleh Pak Rudy😀

Setelah selesai acara meniup lilin di depan rumah, kami pun dipersilahkan masuk oleh Pak Rudy. Lalu Meri dengan suaranya yang mantap dan matanya yang hampir berkaca-kaca memberi kata sambutan mewakilkan dari kami semua untuk Pak Rudy. Pak Rudy pun sempat melontarkan beberapa kata-kata konyol yang membuat kami semua tertawa😀

Dan kejadian yang paling aneh+konyol adalah Pak Rudy ingin meniup lilin ulang lagi setelah diberi tahu bahwa kue yang kami bawa adalah kue buatan kami sendiri, disini Pak Rudy mukanya terlihat sangat ekspresif seperti menirukan orang-orang terkejut alay gitu ( tapi tidak sempat diabadikan ekspresi bapaknya)

Akhirnya lilin pun dinyalakan lagi untuk kedua kalinya, dan kali ini Pak Rudy menyempatkan make a wish terlebih dahulu, setelah itu Pak Rudy mengejutkan meniup lilinnya dengan sangat kencang dan tiba-tiba sampai tidak ada yang sempat memfotonya, haha. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan memotong kuenya menjadi bagian yang little-little karena akan dibagikan untuk semuanya juga. Sambil memotong juga Pak Rudy sempat-sempatnya mencicipi buah yang ada diatas kuenya, haha. Setelah memotong, Pak Rudy mengambil kue pertamanya yang ada ditengah-tengah (haha biasanya orang yang dipinggir, ckck), dan setelah itu kami pun kedapatan satu-satu untuk mencicipi juga kue buatan mama Nazwa dan kami ini😀

Setelah selesai acara makan-makan kue, tiba saatnya membuka kado dari kami😀 dan setelah membukanya Pak Rudy terlihat surprise dan tertawa sambil memandangi foto-foto dirinya yang menurut kami paling top markotop (y)

Pak Rudy pun kemudian mengangkat bingkai tersebut seperti memegang sebuah pernghargaan sambil mengatakan “ini adalah hadiah termahal yang pernah saya dapatkan” hahaha kami pun merasa puas dengan reaksi Pak Rudy terhadap kejutan kami. Memang, hadiah kami mungkin tidak seberapa mahal pak, tapi kami membuat semuanya khusus dengan tangan kami sendiri dengan cinta dan kasih *seperti kata spongebob* hahaha.

Pak Rudy, ia adalah guru yang belum pernah saya temukan sebelumnya. Saya diajari oleh Pak Rudy sudah hampir 2 tahun ini mulai dari saya kelas X dulu yang mungkin akan menjadi 3 tahun apabila dikelas XII nanti yang mengajar fisika adalah beliau lagi🙂  Dan dari awal saya bertemu Pak Rudy ada banyak perubahan-perubahan yang terjadi dalam dirinya. Dulu saat kelas X, banyak yang bilang Pak Rudy adalah guru yang ‘killer’ karena tugas-tugas darinya yang banyak dan caranya dalam mendidik kami. Tetapi sekarang saat saya di kelas XI saya sangat menyadari perubahan pada Pak Rudy, Pak Rudy sudah lebih ‘melunak’ malah lebih mengarah ke guru yang konyol karena tingkahnya yang sering konyol, haha. Setiap ia masuk kelas kami, ia pasti menyempatkan bercerita-cerita konyol yang tentu saja dibalik ceritanya itu terdapat nasihat-nasihat dan motivasi untuk kami. Kalo menurut saya, bercerita yang seharusnya tidak lucu pun menjadi lucu bila pak Rudy yang menceritakannya, karena muka Pak Rudy yang begitu ekspresif mungkin yaa, haha.

Selamat Ulang Tahun Pak, semoga panjang umur, sehat selalu, semakin sukses dan Bapak pasti selalu menjadi guru yang baik bagi kami🙂

Terimakasih Pak atas semua ilmu yang telah Bapak berikan kepada kami, yang tentu saja Bapak adalah guru yang tidak akan pernah pernah terlupa selama saya menuntut ilmu di SMADA ini🙂

HAPPY BIRTHDAY. HAVE A BLAST😀

Kalteng Expo 2011

21 Mei

Tadi sore sekitar jam 4 sore, aku ,mamah dan adeku akhirnya datang juga ke pameran Kalteng Expo. Sebenarnya tadi malam maunya datang ke Kalteng Expo, tetapi karena hujan dan kebetulan besoknya aku ada ulangan jadinya gak jadi deh, eh ternyata kami juga ada lomba dari Mr. Rudy untuk membuat liputan menarik tentang Festival Budaya Isen Mulang yang diselenggarakan pada 19-24 Mei 2011 ini. Yaa sekalian deh, sekalian liat-liat jadi sekalian foto-foto juga buat bahan nulis blog ini😀

Pada Festival Budaya Isen Mulang yang sudah menjadi agenda tahunan ini, selain Kalteng Expo juga ada pawai budaya, lomba-lomba olahraga tradisional, festival band dan pasar rakyat yang dibuat untuk memeriahkan ulang tahun Kalimantan Tengah yang ke-54. Happy Birthday yaa Kalteng😀

Oo iya pameran ini diikuti oleh semua kabupaten/kota di Kalteng dan beberapa yang dari luar Kalteng, seperti Kalsel, Kaltim, Kalbar, Jatim, Jateng, DKI Jakarta dan banyak lagi daerah lainnya. Dan juga dinas-dinas yang ada di Palangka Raya, sampai produk-produk seperti indomie, telkomsel, im3, dan masih banyak lagi. Ternyata ketika di pameran tadi aku banyak sekali bertemu dengan teman-teman ku yang juga sama sibuknya seperti aku, memfoto-foto sana sini haha😀 Dan inilah hasil foto-foto yang aku dapatkan dari pameran Kalteng Expo tadi. Check this out !

   

  

 

 

1 kata yang sangat berarti = LULUS

17 Mei

Deg..deg..deg..deg..deg..deg..

Dengan perasaan yang ikutan deg-degan akhirnya kemarin hari Senin, 16 Maret 2011 akhirnya diumumin juga pengumuman kelulusan yang udah sangat ditunggu-tunggu. Dan alhamdulillah SMADA lulus dengan persentase 100 % #uwooowww😮

Nah kebetulan kami diberi tugas oleh Pak Rudy untuk meliput momen kelulusan dari awal sampai akhir. Kelompok dipilih bebas beranggotakan 3 – 4 orang dan harus sekelas, dan kelompok ku adalah Aku, Meri, Chia dan Eva.

Karena yang diliput bukan cuma sekolah kita aja, tetapi juga sekolah lain. Kami membagi tugas menjadi 2 kelompok, aku dan Meri meliput di SMADA sedangkan Chia dan Eva meliput di sekolah lain, dan sekolah yang mereka pilih adalah SMA 3 dan SMA 4 Palangka Raya. Awalnya sih gak semangat banget ma foto-fotoin mereka mana  harinya waktu itu panaaassss banget. Eh ternyata setelah selesai, asik juga ternyata bisa ngeliat plus mengabadikan luapan kegembiraan mereka secara langsung.Jadi berasa wartawan gituu😀

Nah kita mulai cerita yang diliput oleh aku dan Meri yaa..

Dimulai dari pagi hari setelah kami upacara bendera, sekitar pukul 8 pagi kaka-kaka kelas  menyusun meja dan kursi di lapangan 1. Kami yang meliat kesibukan mereka awalnya bingung untuk apa mereka menyusun meja kursi itu ? Dan inilah foto-foto kesibukkan mereka semua..

bahu membahu (y)

hep..hep..hep.. semangat ka ! minum extra joss biar kuat !! wkwk

Setelah mereka selesai susun menyusun meja kursi, kami baru mengerti ternyata mereka mau berfoto 1 angkatan ! jadi meja kursinya nanti bakal dinaikin mereka, biar jadi kaya tangga gitu pas difoto. Check this photo !

masih mau siap siap nih..

nah yang ini udah siap-siap mau take. udah rapiiiii

semuanya bilang "mantaaapppp"

Pas lagi sibuk-sibuknya berfoto-foto ria, eeehhh ada pak polisi dateng ngasih pengarahan. Katanya gak boleh konvoi dijalanan, karena bisa mengakibatkan jalanan macet, dan blablablablablaaa.. Enggeh enggeh pak polisi, siap laksanakan! wkwkwk

pak polisi ngasih ceramah..

Udah selese pak polisi ceramah, lanjooott sekarang foto-foto sama guru-guru tercinta lagi😀

okeeee, senyuuuummmmmm :))))

uwoooowww😮 ini nih orang-orang inti di sekolah

ini dia wajah guru-guru SMADA😀

take terakhir yang paling kereeennnnn (y)

Setelah selesai berfoto-foto ini dia yang ditunggu-tunggu. Pengumuman sekalian pembagian amplop lulus atau tidak lulus😮

detik-detik terakhir bersama sahabat...

baris dolooo dong..

Pak Nyoman ngasih pengarahan supaya anak-anak kelas 3 gak ngelakuin aksi coret-coret *insya allah pak lah :D*

berdoa bersama...

Nah sekarang giliran bu Badah nyebutin nama-nama siswa yang nilainya masuk 10 besar tertinggi dalam bidangnya masing-masing.

uwoooo smuanya sadar kamera ya =D

Siswa-siswa berprestasi (y)

Foto-foto udah, pengarahan udah, ngumumin yang masuk 10 besar nilai tertinggi udah, dan sekarang giliran BAGI AMPLOP KELULUSAN !

ngantree.. ngantreeeee...

LULUS !!

YESS !!

Setelah dibagikan amplop dan SMADA dinyatakan lulus semua 100% wajah kebahagiaan pun tak dapat terbendung lagi. Inilah potret-potret ekspresi kegembiraan mereka semua..

   

   

  

   

   

  

   

  

Setelah selesai memfoto-foto kaka kaka kelas di SMADA, aku dan Meri menyempatkan untuk meliat keadaan di SMA 3 dan SMA 4 yang diliput oleh Chia dan Eva. Dan ternyata orang-orang disana sudah hampir bubar semua dan kamipun meneruskan perjalanan hingga di depan RS. Doris Sylvanus ada hal lucu yang terlihat, entah karena apa siswa ini digiring polisi, di siswa jalan smbil menggiring motornya karena kuncinya tidak ada *sepertinya diambil oleh si polisi* dan si polisi dia diatas motor mneggiring si siswa yang bajunya penuh dengan coretan pilok ini.

ckckck kasian kasian kasian

Walaupun sudah diingatkan tidak boleh konvoi, masih saja bandel. Jadi ya beginilah akibatnya. RAZIAAAA

Waahh sudah malam nih, nanti lagi yaa Ella lanjutkan postingan liputan yang dari sekolah lain. Dadaahh😀

Penyebab Wabah Ulat Bulu

12 Mei

Wabah ulat bulu ? Iih waw dengernya aja udah geli yaa. Ini termasuk kejadian yang aneh dan langka. Wabah ulat bulu menyerang warga tujuh desa di Probolinggo, Jawa Timur. Jutaan ulat bulu yang membuat gatal bergelantungan di pepohonan, dan bahkan masuk ke dalam rumah-rumah warga.

Penyebab munculnya wabah-wabah ini sebenarnya belum ada yang tau pastinya. Tapi sudah banyak peneliti yang diturunkan untuk meneliti penyebab pasti dari wabah ulat bulu ini. Serangan ulat yang ada di Probolinggo itu adalah dari spesies “Dasychira Inclusa” atau sejenis ulat berbulu yang tidak gatal dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Ada berbagai macam  kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan terjadinya wabah ini. Yang pertama, ulat bulu menyerang karena mereka memerlukan tempat untuk metamorfosis. Mengapa pohon mangga jadi sasaran? Pohon mangga memiliki kelembaban yang cocok, yang disukai ulat saat spesies itu berubah jadi kepompong. Semua tau kan, Probolinggo adalah penghasil mangga manalagi yang sangat besar di Indonesia dan kebetulan ulat-ulat merasa paling ‘klik’ berada di pohon mangga saat mau berubah menjadi kepompong.

Yang kedua, secara ekologi sebuah populasi dapat meledak karena lenyapnya predator. Predator ulat adalah kelelawar, tokek, atau burung kecil. Berkurangnya mereka menyebabkan bebasnya kupu-kupu dan sang ulat berkembang bebas. Mungkin di daerah terjadinya wabah, para predator lenyap, mungkin di buru untuk dijadikan makanan (kelelawar) atau sebagai komoditi (tokek) atau semata untuk hiasan di rumah (burung).

Yang ketiga, seleksi alam tidak dapat diabaikan. Pestisida telah mengembangkan kemampuan kekebalan bagi berbagai jenis hama. Daerah lokasi wabah kemungkinan merupakan daerah pertanian yang intensif pestisida. Mungkin pestisida yang digunakan masyarakat sudah tidak lagi mampu menghadapi ulat yang telah mengevolusikan kekebalan alamiah lewat seleksi alam.

Yang keempat, tanaman inang sering memiliki zat racun didalamnya dan ulat bulu mampu memanfaatkan zat ini dan mempertahankannya ke tahap dewasa. Hal ini membuat mereka tidak dapat dimakan oleh burung dan predator lainnya. Kemampuan ini ditunjukkan dengan warna peringatan putih, hitam, merah cerah atau jingga. Kimiawi racun dalam tanaman ini sering berevolusi secara spesifik untuk mencegah mereka dimakan oleh serangga. Serangga pada gilirannya mengembangkan perlawanan atau membuat racun ini menjadi senjata pertahanan hidup mereka sendiri. Balapan senjata ini membawa pada evolusi bersama serangga dan tanaman inangnya.

Yang kelima, anomali cuaca atau cuaca yang tidak menentu dalam beberapa tahun terakhir. Hujan yang terus menerus terjadi di sejumlah kawasan, mengakibatkan musuh alami ulat yakni sejenis predator bernama “Braconid” dan “Apanteles” tidak mampu bertahan hidup. Sehingga musuh alami itu tidak bisa lagi mengontrol populasi ulat bulu yang semakin banyak, dan mengakibatkan ulat itu berkembangbiak secara cepat dan menyebar ke lingkungan penduduk. Dalam proses sirkulasi kehidupan ulat saat masih menjadi telur, musuh alami ulat itu selalu memberikan parasit pada telur ulat, sehingga dari ribuan telur, hanya beberapa telur saja yang lolos dari parasit dan bisa menjadi ulat. Namun akibat hujan yang terus menerus terjadi, proses kehidupan musuh alami tersebut terganggu, sehingga tidak mampu memberikan parasit pada telur ulat, akibatnya populasi ulat tidak bisa terkontrol dan menjadi banyak.

Sekian penyebab-penyebab kemungkinan terjadinya wabah ulat bulu yang terjadi di Probolinggo. Waah pokoknya jangan sampai menular ke daerah kita yaa..

WIG ~> Waktu Indonesia bagian Galau XD

21 Apr

WIG yaitu Waktu Indonesia bagian Galau. Haha emang ada ya ? Ada dong, mau bukti ? Hmm coba aja kalian buka twitter mulai dari jam 7 malem sampai tengah malem, pasti timeline dipenuhin sama status-status galau anak ABG jaman sekarang, haha.

Sebelumnya aku udah pernah bahas ya tentang galau ini. Oo ya, kayanya twitter emang udah jadi sarana buat ngeluapin uneg-uneg semua yang ada dipikiran orang-orang *termasuk aku😛 * sampai-sampai nama lain dari status kalo di twitter tu adalah “nyampah” kalo gak “teriakan”.

Apalagi banyak juga twit-twit dari suatu akun twitter yang statusnya tu emang sengaja dibuat berhubungan sama perasaan kita sekarang, kaya yang lagi galau, patah hati, nyesek, fall in love, dan lain-lain. Ini memang sengaja mereka bikin komunitas kayagitu, karena makin banyak yang nge-retweet status mereka, mereka bisa dapat rating tinggi di rating twitter.

Hmm oya kalo menurut aku sih, boleh aja kita mau ngeluarin uneg-uneg kita. Itu memang hak kita, kita punya kebebasan untuk mengeluarkan apa yang ada dipikiran atau dihati kita. Tapi ini juga ada batasnya, jangan sampai status kita yang lagi galau-galaunya itu bisa jadi nyakitin hati orang. Jadi pergunakanlah kalimat dan kata-kata yang baik, dan jangan asal mengeluarkan statement kalo kita gak bisa mempertanggungjawabkannya. Pokoknya intinya, semua itu ada batasnya dan kita juga harus bisa memikirkan perasaan orang lain, gak cuma perasaan kita sendiri.

Inilah satu dari sekian banyak potret kehidupan remaja jaman sekarang *haha dramatisir banget*

Byee😀

Ber- INTRANET ria :D

28 Mar

Hari ini pelajaran fisika di kelas berbeda dari yang biasanya. Kali ini kami mencoba untuk ber-INTRANET😀 INTRANET adalah media dengan menggunakan router linksys yang disambung nirkabel atau wireless namun masih belum menggunakan modem atau koneksi internet. Ini menandakan gak cuma teknologi yang makin canggih, tapi sistem pengajaran juga mesti makin canggih !😀

Terus kami juga bisa chat-chatan pake LAN MESSENGER.. Keren loo, cepat banget, gak pending-pending lagi yang kaya BBM-an haha

Awalnya sih ngatur supaya laptop kami bisa connect semua rada ribet, tapi untungnya Mr. Rudy bisa menghandlenya😀

Jadi tadi Mr. Rudy gak perlu capek-capek ngomong untuk memberi intruksi apa aja yang harus kami lakukan, tinggal tulis di chat trus enter. Udaah deh jadi kami tau apa yang harus kami lakukan. Kami juga sambil chat-chatan tadi, waahh pokoknya seruu deh😀

Nah dengan INTRANET ini jadi kami bisa berbagi data sama sesama server yang terhubung yang ada di kelas. Tadi aja kami meng-copy bahan-bahan pelajaran kami dari tempatnya Mr. Rudy dan gak usah repot-repot transfer ke flashdisk segala.

Ooh iya nanti kami juga bakal nyoba lagi supaya bisa voice chat dengan Skype.. wah pasti tambah seru yaa😀

Nah ini foto-foto kegiatan kami di sekolah tadi..

haha ini dia foto adaptor2 laptop kami yang bertumpuk di tempat kabel punya meri😄

Arti Namamu :D

26 Mar

Hey hey teman temaannn.. Barusan aku gak sengaja browsing dan gak sengaja dapat link ini😀

Mau tau apa arti dari nama kalian? Terus berasal dari bahasa apa sih ? Wah ternyata nama kita ada arti tersendiri yaa. Asik deh ternyata arti nama ku. Kalian mau tau juga apa arti dari nama kalian ?

Oke deh, cek sendiri aja yaa😉

Check this out..

Names and meanings (Yunani)

Names and meanings (Sansekerta)

Names and meanings ( Latin)

Names and meanings ( Kawi)

Names and meanings (Jawa)

Names and meanings (Arab)

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.